LEMBAR IDENTIFIKASI PROGRAM MEDIA REKAMAN AUDIO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

01. NOMOR                            :
02. MATA AJARAN              : IPA
03. SERI PROGRAM             : Audio streaming
04. POKOK BAHASAN         : Mengenal berbagai macam hewan
05. SUBPOKOK BAHASAN :
  1. Mengenal nama hewan yang ada di sekitarnya melalui suaranya.
  2. Menyebutkan nama hewan melalui suaranya .
  3. Mendeskripsikan hewan yang ada disikitarnya melalui lagu mengenal hewan.
06. TOPIK                               : Hewan
07. KHALAYAK/SASARAN: Anak Autis
08. DURASI                    : 2×15 menit;
09. PENULIS NASKAH:
10. PENGKAJI NASKAH:

11.

PENGKAJI MEDIA:
12 PENGARAH PRODUKSI MEDIA:

13.

TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM: Siswa dapat mengenal berbagai macam hewan melalui suaranya
14. TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS:              :
  1. Dengan mendengarkan audio siswa dapat menyebutkan nama hewan yang ada disekitarnya
  2. Dengan mendengarkan audio siswa dapat menuliskan nama hewan yang ada disekitarnya
  3. Denagn mendengar lagu tentang mengenal hewan siswa dapat mendiskripsikan hewan dari suara yang didengar
15. KERANGKA MATERI
  1. Mengenalkan nama hewan yang ada disekitarnya
  2. Mengenalkan suara hewan melalui audio
  3. Mendiskripsikan hewan berdasarkan suaranya
16. SINOPSIS Dengan menggunakan program audio streaming ini adalah untuk menguji keefektifan belajar anak autis …………. Program ini digunakan dalam kelompok belajar anak autis. Sebagai mana dapat diketahui minat belajar anak tersebut dengan program audio streaming.
17. TREATMENT Melakukan pengenalan hewan – hewan dengan suara yang jelas sebagai penunjuk objek. Audio diputar selama 2×15 menit. Dimaksudkan agar pemahaman anak lebih maksimal. Di dalamnya disertakan dengan contoh gambar hewan untuk mempermudah pemahaman anak. Selajutnya disertakan juga latihan menulis dan mendeskripsikan nama hewan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anak terhadap materi yang diberikan.

RINCIAN SKRIP:

NO

RINCIAN TEKNIS AUDIO

RINCIAN VERBAL AUDIO

Pembukaan :Music pembuka (pengkondisian siswa)Lagu mengenal hewan
Selingan musik Ayo mulai belajar mengenal hewan.(siswa memperhatikan)
Mulai mengenal hewan dengan mendengar suara hewan dari audio
(suara latar)
Menyebutkan berbagai macam hewan : ayam, burung, kambing, kodok, bebek, anjing, dan sapi.
Mengenal hewan dengan mendengar suara hewan dari audio
(suara latar)
“kukuruyuk”
(hayo suara apa )
jawaban : suara ayam
Mengenal hewan dengan mendengar suara hewan dari audio (suara latar). “cuitcuitcit”
(hayo suara apa )
jawaban : suara burung
Mengenal hewan dengan mendengar suara hewan dari audio (suara latar). “embekembekeek”
(hayo suara apa )
jawaban : suara kambing
Mengenal hewan dengan mendengar suara hewan dari audio (suara latar). “krokkrok”
(hayo suara apa )
jawaban : suara kodok
Mengenal hewan dengan mendengar suara hewan dari audio (suara latar).  “wekwekwek”
(hayo suara apa )
jawaban : suara bebek
Mengenal hewan dengan mendengar suara hewan dari audio (suara latar). “gukgukguk”
(hayo suara apa )
jawaban : suara anjing
Mengenal hewan dengan mendengar suara hewan dari audio (suara latar). “moomoo”
(hayo suara apa )
jawaban : suara sapi
Mengenal hewan dengan mendengar suara hewan dari audio (suara latar). “meong meong”(hayo suara apa)Jawaban: suara kucing
Menyanyi lagu tentang hewan untuk mendeskripsikan jenis hewan(suara latar) Cit..cit cuit..cit..cit..cuit
Burung bernyanyi tok..tok..tok
Peto..tok..tok..tok..petok ayam
Bertelur..wek..wek..wek..kowek
Wek..wek..wwek..kowek bebek
Berenang sapi berendam
Kambingpun ikut senangAyo hai kawan jagalah
Satwa macan, kijang, gajah
Juga harus dijaga jangan
Ditembak jangan diburu
Lindungilah semua satwa
Ciptaan Tuhan
Pertanyaan mendeskripsikan berbagai jenis hewan(suara latar) Contoh :Aku berkaki empat, mempunyai bulu yang lembut, dan suaraku “meong-meong”, siapakah aku?Jawab : Kucing
Hasil belajar(suara latar) Karena kalian menjawab dengan benar, maka kalian mendapat nilai A(applause)
Penutup Sebelum pulang mari kita berdoa bersama kemudian menyanyikan lagu cit cit cuit bersama. (menyanyi lagu cit cit cuit)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s