MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK AUTIS

  1. A.    Mata Pelajaran                            : Kerajinan Tangan dan Kesenian

 

  1. B.     Kompetensi Dasar                       : Mengenal berbagai bahan, alat dan cara pembuatan

  benda terapung di air

  1. C.    Indikator                                      :
  • Kognitif

Proses :  Melihat benda terapung yang dapat di air

Produk : Menyebutkan macam-macam benda yang dapat terapung di air

 

  • Afektif :

Mengajukan pertanyaan tentang  pembuatan benda yang dapat terapung di air

Perilaku berkarakter : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

 

  • Psikomotor :

Membuat model mainan yang dapat terapung di air buatan sendiri

 

  1. D.    Tujuan Pembelajaran     :
  • Siswa dapat menyebutkan macam-macam benda terapung di air
  • Siswa dapat membuat model mainan yang dapat terapung di air
  • Siswa dapat menceritakan hasil pengamatan benda-benda mainan yang dapat terapung di air

 

  1. E.     Motode Pembelajaran                :Metode pembelajaran langsung

 

  1. F.     Media Pembelajaran                   : Perahu dari kertas

 

  1. G.    Materi                                           : Berbagai bahan, alat dan cara pembuatan model benda

mainan yang  terapung di air

 

  1. H.    Alat Yang Dibutuhkan   :
  • Bahan :

–          kertas,

–          gunting,

–          lem

–           lilin

–           sabun colek

–           lidi

  • Cara pembuatan :

 

 

 

  1. I.       Proses Jalannya Media   :
  • Kegiatan awal :

Apresepsi/ Motivasi :

Berdoa, mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.

 

  • Kegiatan inti

ü  Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

–          Menerangkan kepada siswa tentang alat-alat yang dibutuhkan dalam pembuatan perahu kertas

–          Memberikan contoh kepada siswa tentang cara pembuatan

–          Mengamati dan membimbing siswa membuat perahu dari kertas

–          Siswa membuat perahu dari kertas dengan baik

–          Melakukan percobaan media yang telah di buat dapat terapung di air

 

ü  Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

–          Melakukan tanya jawab tentang mengapa benda dapat terapung diair

–          Mempresentasikan hasil karyanya

 

ü  Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

–           Menjawab pertanyaan siswa

–          Memberikan penjelasan tentang benda yang dapat terapung di air

–          Memberikan penguatan dan penyimpulan

 

  • Kegiatan akhir

Dalam kegiatan akhir, guru:

–          Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan

–          Memberikan pujian kepada siswa atas hasil kerjanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s